04 Juli 2008

Menilai Sebuah Gitar

Banyak alasan orang lebih memilih gitar sebagai alat musiknya. Ada yang bilang karena mudah dibawa-bawa, mudah dipelajari (tetapi sangat tidak mudah untuk benar-benar menguasainya), murah, memungkinkan untuk tampil sebagai bintang panggung, dan lain-lain. Selain menarik, gitar juga dianggap paling mudah untuk dimainkan (pada awalnya). Sampai akhirnya kita sadar, ternyata tak mudah untuk menguasainya. Kesederhanaan sekaligus kesulitannya inilah yang membuat gitar menjadi alat musik paling populer.

Pro dan kontra seputar gitar (kalau boleh disebut begitu) ternyata tak hanya berhenti di situ. Banyak aspek dalam gitar yang tidak bisa berhenti diperdebatkan. Sisi positifnya, ternyata pro dan kontra ini justru membuat gitar berkembang dengan bobot interaksi antara pengguna dan pembuat yang paling kental dibandingkan dengan alat musik lain.

Banyak inovasi dan fitur gitar berasal dari ide atau permintaan seorang gitaris. Atau, banyak teknik permainan gitar bisa dilakukan karena adanya fitur teknis

tips memilih gitar yang baik:
1. cari gitar sesuai kriteria musik yang anda mainkan, merek terkenal belum tentu cocok untuk anda
2. pilih gitar dengan playability yang baik
3. sesuaikan model, bobot dan konstruksi sesuai musik yang anda mainkan
4. mainkan gitar tanpa ampli untuk mengetahui sejauh mana sound akustiknya
5. sesuaikan antara harga dan kualitas


Google