05 April 2008

Pemanasan sebelum Bermain Gitar

Ternyata pamanasan bukan hanya berlaku untuk bidang olah raga saja, dalam dunia pergitaran juga diperlukan.Untuk menghindari cedera ternyata pemanasan sebelum bermain gitar diperlukan, ina adalah beberapa contoh pemanasan para maestro :

  1. Steve Morse (gitaris Dixie Dregs,Deep Purple)sebelum bermain dia selalu memainkan jari jemarinya dulu di atas gitar elektrik yang blm di "on" kan alias "off", saya lihat pada saat deep purple main di jkt beberap waktu yll, dan di Videonya....

  2. Al di Meola, sebelum bermain dia selalu menghangatkan tangannya dng merendam di dalam air panas2 kuku, kemudian memegang batang botol untuk pressingnya..

  3. Manuel Barrueco, sebelum naik panggung di selalu menggerak gerakan tangan dan jarinya dng tidak menyentuh dahulu neck gitarnya 4. Joe Satriani sebelum naik panggung selalu push up dulu dng jarinya di buka lebar2...

  4. Seorang virtuoso senar 7 steve vai melakukan semedi dengan irama pernapasan sebelum dirinya memainkan gitar, menurutnya hal ini bias membuatnya rileks dalam bermain gitar

  5. Sang jawara fast picking john petrucci melakukan pijatan didaerah sekitar telapak tangan dan pada pergelangan sebagai pelemasan sebelum tangannya menyentuh gitar.

  6. Seorang guru saya melakukan senam fingering menggunakan 1 senar sebelum dia bermain accord gitar, menurutnya hal ini bias membuat tangan lebih “lemes” sebelum melakukan permainan gitar yang lebih rumit.

  7. Saya sendiri melakukan pelemasan dengan mengepal sebuah pegas yang biasa dipakai teman teman dari kumpulan karateka, dengan begitu terasa ringan saat tangan ini menyentuh gitar.

So bagaimana cara pelemasan anda sebelum bermain gitar????


Google