14 April 2008

GNX 3000 Guitar Effect

Siapa yang tidak senang dengan multi effect? Bagi pemula seperti saya, kehadiran multi effect sangatlah krusial dalam hal bermain live ataupun home recording. Multi effect sangatlah praktis, ringkas dan cukup terjangkau. Meskipun ada beberapa kalangan yang cenderung kurang begitu suka dengan ke-digital-an benda ini, tapi semakin majunya teknologi membuat multi effect punya kemampuan untuk menyamai kualitas sebuah stompbox.
Kalau teman-teman semua berniat membeli sebuah multiefek, tentu saja akan bingung sendiri dikarenakan banyaknya pilihan yang disediakan produsen di pasaran. Boss GT 6 dan 8, POD XT-Live, dan Korg AX-1500 saya lihat cukuplah mendominasi dikalangan pencinta multi effect di Indonesia. Namun, alangkah baiknya jika teman-teman mau membeli sebuah multi effect, teman teman mempertimbangkan membeli Digitech GNX-3000. Kenapa Digitech GNX-3000? Apa kelebihannya dibandingkan "sahabat-sahabat" multi effect-nya yang lain?
Kekurangan :
Saya mencoba menulis review alat ini mulai dari kekurangannya. Kenapa? Bukannya cari sensasi loh.. Cuman saya rasa, kita biasa membaca sesuatu dari kelebihannya dulu, jadi kita cenderung "jatuh cinta" pada bacaan pertama dan melupakan kekurangan dari alat tersebut sehingga kita kurang bijaksana dalam memilih barang. Ada pun beberapa kekurangan dari Digitech GNX-3000 ini adalah :
Jeda yang cukup lama saat mau pindah present dibandingkan multi effect. Hal ini bisa menimbulkan "mara bahaya" saat main Live.
Modulasi yang tidak sefenomenal multiefek dengan harga yang sama dengan Digitech GNX-3000 ini.
Beberapa nara sumber merasa fitur stompbox GNX-3000 ini kurang lengkap.
Permasalahan standart sebuah multi effect. Suara yang cukup digital.
Kelebihan
Digitech tidak mau kalah bersaing dengan multi effect produksi perusahaan lainnya. Tentu kita semua sudah tau, standart sebuah multi effect itu harus ada Mesa Pre-amp modelar, Marshall Plexi, Fender Twin pre-amp atau stompbox kenamaan seperti Tubescreamer dan Boss DS-1. Tapi apakah fitur khusus dari sebuah Digitech GNX-3000 yang tidak dipunyai rekan-rekan multi effect lainnya? Ada pun kelebihan khusus alat ini adalah sebagai berikut:

A. Fitur Efek : Digitech Whammy! Semua tau kalau gitaris ternama seperti Steve Vai, Joe Satriani dan Tom Morello gemar ber-Whammy ria. Sekarang hal itu bisa teman-teman lakukan dengan fitur ini
Carvin Legacy pre-amp.
Bass pre-amp.
Fitur "Talker". Mmmm.. jadi ingat Richie Sambora di lagu "It's My Life"..
Banyak orang yang bilang kalau Digitech GnX-3000 memiliki pre-amp terbaik dibadingkan yang lainnya.

B. Fitur Recording Drum Loop
Mic Pre-amp
Software :
Saat anda membeli Digitech GNX-3000, ada sudah dilengkapi dengan CD berisi Pro Track Plus 2.2 dan juga X-Edit. Pro Track plus 2.2 adalah sebuah software dimana teman-teman bisa merekam dari GNX-3000 ke komputer. X-Edit adalah tempat untuk mengedit patch-patch di GNX teman-teman semua.

Penutup Untuk harga $399, Digitech GNX-3000 sangatlah "worth it" untuk setidaknya teman-teman pertimbangkan jika ingin membeli sebuah multi effect. Penulis adalah mantan pengguna Korg AX-1500 dan Boss GT-6. Kalau saya bisa memasukan opini pribadi saya, saya rasa Digitech bisa memuaskan telinga saya lebih dari 2 multi effect tadi. Untuk dimensi, ukuran Digitech GNX-3000 ini sedikit lebih kecil dari POD XT-Live dan Boss GT-8.


Google